Dongeng Kak Arnel dan Kak Dandi Ukulele

picsart_10-11-08-41-35

Profil Dongeng

Kak Arnel dan Kak Dandi Ukulele adalah dua pencerita yang menggabungkan dongeng dan musik. Oleh karena itu, mereka biasa menyebut dongeng yang mereka bawakan sebagai “Dongeng Musikal”. Keunikan dari keduanya adalah mereka selalu membawakan dongeng-dongeng khas dan orisinal yang diangkat dari kearifan lokal Indonesia. Selain itu, lagu-lagu yang dibawakan keduanya sebagian besar adalah lagu baru gubahan sendiri. Meskipun mungkin belum familiar di telinga anak-anak, lagu-lagu ini diharapkan bisa mendongkrak kembali munculnya lagu-lagu anak yang saat ini sudah sangat sedikit jumlahnya.

Profil Kak Arnel

Nama lengkapnya adalah Arnellis. Di Depok, kota kelahirannya itu, dia dikenal sebagai Kak Nelli yang menggagas kegiatan Dongeng Minggu pada tahun 2010-2014. Kemudian ia pindah dan menetap di Tangerang Selatan, sehingga kini kegiatan dongengnya justru meluas dan dilakukan di beragam tempat. Sarjana Sastra Indonesia ini sekarang bekerja di bidang pendidikan sebagai guru Bahasa Indonesia. Minatnya banyak, dari menggambar, bersastra, bernyanyi, sampai menari. Yang pasti semuanya dilakukan untuk kecintaannya pada dunia anak dan pendidikan.

Profil Kak Dandi Ukulele

Pria yang tinggal di Depok ini bernama panggung Dandi Ukulele. Nama lengkapnya Dandhy Ratri Antoro dan sehari-hari biasa dipanggil Dandi. Bencana alam meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010 membuatnya akrab dengan storytelling dan anak-anak. Ketika itu ia menjadi relawan di salah satu posko bencana, lalu membuat kegiatan mendongeng sebagai wahana trauma healing untuk anak-anak di sana. Sarjana Geografi ini sekarang bekerja sebagai konsultan pemetaan sambil memuaskan hobi jalan-jalan. Tak hanya itu, hobinya yang lain adalah bermain musik, dan hal ini pulalah yang membuatnya ingin memberikan sesuatu terhadap dunia musik anak-anak yang menurutnya saat ini sudah mengkhawatirkan. Ia kemudian memilih alat musik ukulele sebagai instrumen yang dimainkan karena menurutnya karakter suara yang dikeluarkan ukulele terdengar riang dan cocok untuk anak-anak.

 

Contact:

annarnellis@gmail.comdandiukulele@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *